ketika semua harus berakhir

Tidak ada yang berubah di pagi ini. Yah, matahari tetap bersinar dan akan selalu bersinar dengan indahnya, meskipun harus diawali dengan mendung yang menyapa, matahari tetap memancarkan sinarnya untuk menerangi bumi pagi ini.   Sejenak terbersit tanya di kepala oh mentari tak pernahkah kau merasa lelah memancarkan sinarmu di setiap harinya?

Pun begitu dengan pagi yang kurasakan hari ini. Tidak ada yang berubah di pagi ini, aku masih bisa merasakan hangatnya mentari dan hangatnya sapaan pagi yang diberikan oleh keluarga dan teman-temanku. Jika pun ada yang berubah, itu adalah tidak ada lagi sapaan pagi dari sang kekasih yang sekarang telah berubah menjadi mantan kekasih bagiku.

Dekat lalu menjalin hubungan (pacaran) dan berharap semoga hubungan cinta ini dapat dibawa ke jenjang yang lebih mulia lagi ke depannya adalah harapan bagi semua orang yang sedang menjalin kasih. Siapa yang tidak ingin menjalani sisa hidup bersama dengan kekasih sekarang, menikah, bahagia, memiliki penerus yang lucu-lucu, lalu bahagia, selamanya. Semua orang pasti menginginkan hal tersebut. Pun begitu dengan aku. Tapi apa yang bisa kulakukan.

Ketika cinta itu tidak ada lagi, ketika rasa itu telah mati. Ketika romansa indah yang selama ini tercipta di setiap detiknya telah berubah menjadi nelangsa. Ketika janji-janji manis yang terucap kini telah menjadi bulir-bulir yang perlahan-lahan terbuang, hilang hingga menimbulkan serpihan luka yang entah tidak tahu kapan sang waktu akan memulihkannya.

Mungkinkah kita terus bertahan?

Perpisahan memang menyakitkan. Tapi setidaknya ada hal yang bisa dipelajari dari perpisahan ini. Kini aku mengerti bahwa cinta itu bukan tentang memiliki. Tapi tentang keikhlasan. Keikhlasan untuk meninggalkan atau ditinggalkan.

Dan aku, memilih untuk ditinggalkan.

Jika cinta diibaratkan dengan permen, mungkinkah engkau akan terus menyukai permen tersebut ketika rasa manisnya telah habis?. Aku tidak yakin!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s