fungsi hadist dalam kehidupan sehari hari

Kebanyakan manusia menganggap masuk surga itu mudah hanya dengan sholat, puasa, zakat, atau menangis karena takut akan dosanya. Semua itu tidaklah cukup. Bahkan di hadist terkena tetesan air kencing saja dapat masuk neraka.Beberapa hadist jika didalami itu terkadang memberatkan yang asalnya mudah namun jika dipahami arti maknanya maka akan terasa sulit dan memberatkan sekali. Hadist itu sunnah,dan sunnah itu harus di ikuti.

Hadist itu tidak pernah memberatkan. Hanya saja maknanya saja yang yang sulit dimengerti. Akan tetapi pada dasarnya jika semua di pelajari akan mudah jadinya. Hadits merupakan penjabaran dari isi-isi Al-Quran,melalui bahasa yang bisa dipahami oleh umat.Itu sebabnya ada banyak ahli hadits yang memberikan kontribusinya buat hal ini. Hadist itu sumber kedua yang wajib kita amalkan seperti Al Qur’an. Hadist merupakan ilmu yang wajib kita amalkan karena sunnah. Dengan hadist juga memperindah hidup kita. Dan membantu kita agar kita lebih mencintai Allah dan Rasulullah.

Hadist merupakan berita dari Rasulullah SAW yang disampaikan dari mulut ke mulut. Yang mana para penyampainya itu disebut perawi yang meriwayatkan) hingga membentuk rangkaian perawi yg kemudian diistilahkan dg sanad hadits, terakhir divalidasi (di-shohih-kan) oleh para ulama2 perawi hadits, diantaranya Imam Bukhori, Imam Ahmad, At-Tirmidzi, dll.

Sebenarnya apa yang kita harapkan dengan kita hidup di dunia ini. Apakah dunia ini akhir tujuan kita ? salah jika anda berkeinginan seperti itu. Dunia ini bukanlah akhir pencapaian kita. Apabila kita meninggal dunia apakah ini sudah selesai. Belum. Justru semuanya akan dimulai setelah kita meninggal dunia. Dunia ini hanyalah tempat kita yang Allah berikan untuk kita beribadah kepadaNya. Allah telah menurunkan Al Qur’an dan Hadist sebagai pedoman hidup kita. Sekarang tinggal manusianya bagaimana ia menjalankan hidupnya.

Apabila anda cinta rasullulah dan ingin hidup bahagia dunia dan akhirat maka ikuti apa yang di perintahkan alquran dan as sunnah kita ini umat rasullulah SAW jadikan beliau sebagai panutan kita dengan menjalankan perintah perintahnya (al hadist). Sunnah artinya petunjuk. Yang tidak mengikuti sunnah Nabi, bukanlah ummat Nabi. Masuklah dalam keselamatan ini dengan keseluruhan, walaupun ibarat menggenggam bara. Belajarlah lagi banyak-banyak. Sebaik-baik ilmu adalah ilmu untuk akhirat. Allah Maha Pengasih Maha Penyayang tapi jangan coba-coba sedikitpun meremehkan hukum-hukumNya. Allah Maha Keras Azab-Nya, tapi jangan pernah berputus asa berharap ampunan-Nya.
Sumber : google dan pengalaman sendiri

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s